Wednesday, December 5, 2012

Hadist Tentang Ujian


HADIST TENTANG UJIAN


Sebagai bekal kesabaran dalam menjalani dan menghadapi berbagai ujian hidup, berikut saya cantumkan sejumlah hadist tentang ujian dan kesabaran. Mudah-mudahan kita bisa memahami makna sebuah ujian.

Sesungguhnya kesedihan, kesakitan, kegundahan, dan berbagai penderitaan lainnya merupakan penghapus berbagai dosa dan maksiat yang pernah kita lakukan.
Berkata Abu Sa’id dan Abu Hurairah r.a., telah bersabda Nabi SAW, “ Seorang muslim yang tertimpa penderitaan, kegundahan, kesedihan, kesakitan, gangguan, dan kerisauan, bahkan hanya terkena duri, semuanya itu merupakan kafarat (penebus) dari dosa-dosanya.” (H.R. Bukhari dan Muslim)

Ujian merupakan perahu yang akan mengantarkan kita pada kebaikan.
Abu Hurairah r.a. berkata, telah bersabda Rasulullah saw., “ Barang siapa yang dikehendaki Allah mendapatkan kebaikan, maka Allah SWT. Akan memberinya cobaan.” (H.R. Bukhari)

Ujian menjadi sarana untuk mendapatkan ridho dan cinta-Nya.
Anas r.a. berkata, Nabi saw. Bersabda, “Sesungguhnya besarnya pahala itu bergantung pada besarnya cobaan. Sesungguhnya apabila Allah Ta’ala itu mencintai suatu kaum, maka ia mencobanya, barang siapa yang rela menerimanya, maka ia pun mendapat keridhoan Allah dan barang siapa yang murka, maka ia pun mendapat murka Allah.” (H.R. Tirmidzi)

Ciri keislaman seseorang telah sempurna apabila ditimpa musibah ia mampu bersabar dan kalau dikarunia nikmat bisa bersyukur.
Berkata Abu Yahya Shuhaib bin Sinan r.a., Rasulullah saw. Bersabda, “Sangat mengherankan keadaan seorang mukmin itu, segala keadaan dianggapnya baik dan hal ini tidak akan terjadi kecuali bagi seorang mukmin. Apabila mendapat kesenangan ia bersyukur maka itu lebih baik baginya, dan apabila ditimpa penderitaan ia bersabar maka itu lebih baik baginya.” (H.R. Muslim)